Terjemahan Al-Qur’an Secara Lafzhiyah

April 20, 2009 at 10:56 pm 20 komentar

Kitab berikut “Inaayah – Terjemah Al-Qur’an Secara Lafzhiyah” sangat membantu (saya) dalam menambah kosa kata (bahasa arab), Ada temen yang bilang bahwa kosa kata lebih penting dari pada struktur (nahwu – shorof), tapi tentu lebih baik menguasai semua-nya

berikut contoh tampilan untuk Surah Al-Fatihah, terjemahan per-kata (sebenarnya tidak selalu per-kata)  jadi bisa digunakan untuk menambah kosa kata bahasa arab:

al_fatihah

dengan sedikit proses scanning dan editing Ayat-ayat tersebut bisa dimasukkan ke dalam handphone, jadi bisa di bawa ke mana-mana. Ini juga cara saya memanfaatkan waktu di jalan setiap hari kerja (Ciputat- Jakarta Kota, kira-kira 3 s.d 4 jam PP),  selain juga tidur di jalan :-)

Dengan asumsi 3 jam per hari kerja di jalan, kalau dihitung-hitung banyak juga waktuku di jalan.

dalam satu tahun:

12 bulan x 4 minggu x 5 hari kerja x 3 jam = 720 jam/tahun

720 jam dalam setahun atau bila kita konversi ke hari (24 jam dalam satu hari)

720 jam  =  720 jam / 24 jam  =  30 hari

angka yang fantastis ,  jadi dalam setahun kira-kira satu bulan saya berada di jalan…lama juga ya..

jadi teringat cerita serang ustadz di Jogja, waktu dia di Pakistan (jalan-jalan) dia memasukkan uang ke dalam kotak amal yang berada di per-empatan jalan (ukuran kotak amal-nya gede)……….. temen si ustadz tersenyum dan bilang “itu bukan kotak amal, tetapi untuk lembaran-lembaran  ayat Al-Qur’an, agar tidak tercecer (ditaruh sembarangan bila sudah dihafalkan)”…………….rupanya banyak warga Pakistan yang membawa-bawa lembaran Al-Quran untuk dihafal.. tidak heran jika jumlah penghafal Al Qur’an di sana sangat  banyak

Entry filed under: Metode Belajarku. Tags: .

Iqro’ (bacalah)… Minal ‘Aidin Wal Faizin artinya bukan “Mohon Maaf Lahir dan Batin”

20 Komentar Add your own

  • 1. joko  |  April 21, 2009 pukul 6:50 am

    subhanallah…..

  • 2. rkn2003  |  Agustus 29, 2009 pukul 9:01 pm

    Masya Allah, mas belinya dimana dan harganya berapa? ingin memperdalam juga nih,

  • 3. arifisnaeni  |  September 25, 2009 pukul 6:06 am

    dulu aku beli di Jogja, harganya dah lupa brapa, tapi nggak begitu mahal kok, kitab nya nggak tebal (dibuat dalam beberapa jilid)

  • 4. zuhri addin  |  Januari 17, 2010 pukul 11:10 am

    Saya punya jilid I dan jilid II. Kalo ada sahabat yang memiliki jilid III – X, mohon bersedia ataupun menginformasikan kepada saya sebagai koleksi perpustakaan saya. Thanks

  • 5. Azlina Abdul Aziz  |  Oktober 9, 2010 pukul 8:38 am

    Saya ingin membeli buku terjemahan alqur’an secara lafzhiyah ini.
    Dimana boleh saya dapatkannya di Malaysia?

    Tolong beritahu nama agen dan nombor telefonnya di Malaysia?

  • 6. arifisnaeni  |  Oktober 12, 2010 pukul 6:01 am

    Untuk di Malaysia saya kurang tau ada di mana.

    untuk alternatif lain anda bisa menggunakan “Word-by-Word Quran” yang tersedia di situs berikut: http://corpus.quran.com/wordbyword.jsp

  • 7. intan  |  Desember 30, 2010 pukul 11:09 am

    boleh ngga saya download al quran dengan terjemahan perkata yang telah anda edit itu, karena saya juga sedang berusaha belajar terjemahan al quran. semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah pada anda. sukron..

  • 8. arifisnaeni  |  Januari 1, 2011 pukul 3:42 am

    sebenarnya saya juga ingin memposting/mempublish hasil scan-edit tersebut, tetapi saya agak ragu, kitab tersebut memiliki hak cipta atas nama “Yayasan Pembinaan Masyarakat Islam Al-Hikmah Jakarta” saya coba cari contact person nya (alamat email) untuk meminta ijin mempublish, tapi saya belum mendapatkan alamat email ybs

    mungkin anda bisa menggunakan file pdf dari:
    http://emuslim.com/Quran/Translation_English.asp
    tetapi terjemahan dalam bahasa inggris.

  • 9. Gatot Subiyanto  |  Mei 7, 2011 pukul 4:13 am

    Assalamualaikum Wr. Wb. Untuk mendapatkan buku Terjemah Al Quran secara lafzhiyah dimana dan format ke HP gimana caranya, bagi bagi pengetahuan dong saya juga belajar memahami Al Quran .

  • 10. arifisnaeni  |  Mei 7, 2011 pukul 7:10 am

    Wa alaikum salam wr. wb. bisa di cari di toko2 buku muslim….
    untuk bisa di pindah ke hp harus di scan bukunya….
    kalo hpnya bagus…bisa di scan dalam format pdf…jadi kayak ebook

  • 11. MrB  |  Juli 22, 2011 pukul 6:45 pm

    Salam,

    Jika di KL, Malaysia. Ada sebuah kedai buku Pustaka Antara di Kompleks Wilayah yg menjual Terjemah Al-Quran Secara Lafziyah. Kalau tidak silap saya ada 10 jilid kesemuanya. Rasanya seperti sama dgn buku yg dibincangkan di atas.

  • 12. IHWAN HADIAMAN  |  Maret 7, 2012 pukul 5:08 pm

    dimana saya bisa mendapatkan terjemah al-qur’an secara lafzhiyah JILID 4 SAMPAI JILID TERAHIR ?

  • 13. Syahrudin Nasution  |  Maret 11, 2012 pukul 7:41 am

    Asw, saya mau beli Buku Tafsir Inayah Jilid VI s/d XII mohon info dimana bisa saya dapatkan

  • 14. Nur Ajie  |  Oktober 2, 2012 pukul 7:18 am

    gmn nh cara donwloadnya

  • 15. afwan mubarok  |  Januari 11, 2013 pukul 9:43 am

    saya mau pesan dalam jumlah banyak,, tapi alamat yayasan pembinaan masyarakat islam al hikmah jakarta tepatnya dimana ya?

  • 16. KBHRMH  |  Mei 20, 2013 pukul 4:42 am

    Subhanallah tetapi dimana saya bisa mendapatkan alamatnya

  • 17. KBHRMH  |  Mei 20, 2013 pukul 4:44 am

    Saya perlu alamat utk mendapatkan Al Quran Innayah tersebut jilid II s/d terakhir ( jilid Xii )

  • 18. arifisnaeni  |  Juli 21, 2013 pukul 8:53 am

    bagi yang menggunakan hp android sekarang sudah tersedia applikasinya: http://arabindonesia.wordpress.com/2013/07/19/terjemahan-al-quran-kata-per-kata-aplikasi-android/

  • 19. alfian  |  Januari 8, 2014 pukul 4:08 am

    saya mau beli Alquran Innayah lengkap dimana alamatnya

  • 20. Karim Halim  |  Juni 1, 2014 pukul 10:28 pm

    Assalamu’alaikum War. Wab. Penerbit Al-Inayah yang dimulyakan Allah. Saya sdh lama sekali memiliki Tarjamah Al-Inayah ini, dan baru sekarang ingat dan bisa berkomunikasi dengan penerbit. Dalam Al-Inayah Jilid VII (JUz 19, 20 dan 21) yang saya miliki pada halamanan 186, 187, 190,191, 194, 195, 198, 199, ada kecacatan, yaitu tidak tertulis huruf Al-Qur’annya. Bisakah saya menukarnya dengan yang tidak cacat ? Kemana saya hrs menukarnya ? Jazakumullahu khoeron katsiro.

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kategori


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

